Sabtu, 19 Oktober 2013

Waspadai Bahaya pada penggunaan Lensa Kontak

 hyy Guyss,, Kembali bersama saya Stev..  Hari ini saya akan post tentang Pemakaian lensa / Kontak lensKalian gak mau kan Mengalami kebutaan karna salah cara pemakaian lensa? Makanya Simak ini baik-Baik. Emang dengan penggunaan soflent mata kita terlihat Lebih indah .                                                                                                                                                                                                                


::Waspadai Bahaya pada Penggunaan Lensa Kontak:: 
Antara kebutuhan dan penunjang penampilan, itulah dua alasan penggunaan lensa kontak yang sering kita dengar. Bagi mereka yang penglihatannya sudah tidak optimal namun kurang nyaman menggunakan kacamata, lensa kontak adalah sebuah kebutuhan. Bagi mereka yang menginginkan tampil beda, lensa kontak adalah penunjang penampilan. Warna-warna cantik lensa kontak membuat mata terlihat lebih menarik. Jika Anda pengguna lensa kontak, baik untuk alasan yang pertama ataupun yang kedua, ada hal-hal yang harus diwaspadai. Penggunaan lensa kontak secara sembarangan bisa menyebabkan infeksi ringan hingga kebutaan. 
Semakin banyak pengguna lensa kontak, semakin banyak pula lensa kontak yang dijual bebas. Namun, perlu diperhatikan bahwa berdasarkan studi terbaru, terbukti bahwa lensa kontak yang banyak diperjualbelikan secara bebas berpotensi menimbulkakn efek buruk pada mata. Khususnya yang dibeli tanpa konsultasi dengan dokter. Jangan menyepelekan masalah ini, karena mata kita taruhannya. Dr Hendrian D. Soebagyo, Spm yang merupakan seorang dokter spesialisasi mata mengatakan bahwa setidaknya 50% dari pasien yang ditanganinya mengalami gangguan mata karena masalah lensa kontak yang terkontaminasi amuba. Sedang 1% pasien menderita gangguan parah hingga kebutaan permanen. Hal ini disebabkan para pasien tidak memilih dan menggunakan lensa kontaknya secara benar. Gangguan mata yang diakibatkannya dapat berupa iritasi ringan, peradangan pada selaput lendir, alergi, pembengkakan, kerusakan kornea mata, hingga kebutaan.






Iritasi ringan dapat sembuh secara total. Namun, banyak pula kasus infeksi akibat lensa kontak menyebabkan bekas luka pada kornea. Bekas luka yang cukup parah disebut lecoma. Lecoma ini akan sangat mengganggu penglihatan, bahkan bisa berujung pada kebutaan. Jika mata sudah buta, maka tidak ada jalan lain yang bisa dilakukan selain operasi kornea. Padahal mencari donor kornea untuk mata kita tidaklah mudah. Meski sudah memilih lensa kontak yang berkualitas baik berdasarkan rekomendasi dokter, tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan lensa kontak Berikut adalah 7 cara yang benar memakai Lensa kontak : 

1. Selalu cuci tangan
Sebelum menyentuh lensa kontak, jangan pernah lupa untuk cuci tangan. Jika tidak, jari yang kotor bisa membuat mata iritasi.

2. Hindari yang berwarna
Lensa kontak warna-warni memang cantik. Namun jangan terlalu sering memakainya. Sebab penelitian menyebutkan kalau lensa kontak berwarna mengurangi oksigen yang masuk dalam kornea.

3. Menjaga kebersihan
Jangan menggunakan sabun, air liur, atau bahkan air untuk membersihkan lensa. Karena diletakkan pada mata, jaga kebersihan lensa kontak dengan baik.

4. Pergi ke dokter
Jika Anda mengalami iritasi atau mata merah, segera pergi ke dokter. Jika dibiarkan dan menganggapnya sepele, kesehatan mata justru semakin dalam bahaya.

5. Lensa kontak bermerek
Jangan suka mencoba lensa kontak yang tidak bermerek. Lebih baik gunakan yang sudah terjamin mutunya. Jika belum paham, konsultasikan dengan dokter atau pegawai di optik.

6. Batas pakai lensa
Lensa kontak sebaiknya digunakan delapan jam saja dalam sehari. Lepas ketika tidur dan rendam dengan cairan khusus. Memakai lensa kontak terlalu lama jelas membahayakan mata.

7. Eye shadow bubuk
Kombinasi antara make up dan lensa kontak perlu diperhatikan. Jangan memakai bedak tabur atau eye shadow bubuk agar butir-butirnya tidak jatuh ke dalam mata dan menyebabkan iritasi.
Demikian berbagai tips aman untuk mengenakan lensa kontak. Intinya, Anda harus cukup telaten jika memang memilih lensa kontak dibanding dengan kacamata.


Selama kamu menggunakannya sesuai aturan/Petunjuk maka mata mu akan sehat, Tapi menurutku Lebih baik jangan menggunakan soflen terlalu sering, Gunakanlah kacamata biar lebih aman

by : Stev


3 komentar: