Jumat, 25 Oktober 2013

Peribahasa Cina

Sebuah peribahasa Cina menyatakan bahwa semua ciptaan dilahirkan kembali pada hari Tahun Baru. Tahun Baru Imlek adalah perayaan perubahan.. yang lama pergi dan yang baru datang!

Tahun Baru Cina jatuh pada tanggal yang berbeda setiap tahun karena didasarkan pada kombinasi dari gerakan bulan dan matahari. Ini biasanya terjadi pada bulan Januari atau Februari.

Di Timur Jauh, ini juga akhir musim dingin dan awal musim semi. Petani mengambil kesempatan ini untuk menyambut musim semi karena tanaman untuk hasil panen baru. Dengan demikian, Tahun Baru Imlek juga disebut Festival Musim Semi.

Peristiwa yang terjadi selama Hari Tahun Baru dapat mempengaruhi kehidupan Anda untuk sisa tahun. Berhati-hatilah dalam tindakan Anda. Jadilah selektif dengan apa yang Anda makan. Menyapa orang yang akan membawa Anda sukacita. Untuk memastikan tahun makmur dan sehat, Anda harus meningkatkan dan merangsang aliran energi positif di rumah, di bisnis Anda dan di tempat kerja.

Segala sesuatu yang berkaitan dengan Hari Tahun Baru harus mewakili nasib baik. Untuk lajang, nasib baik dapat berarti cinta dan asmara. keberuntungan yang baik bisa berarti nilai yang baik kepada siswa, anak-anak untuk keluarga, pekerjaan bagi para pengangguran dan kesehatan untuk orang sakit.

Untuk membantu Anda menemukan keberuntungan di tahun baru, saya telah mengumpulkan tradisi-tradisi berikut Tahun Baru Cina dan adat istiadatnya.

Perayaan ini sebenarnya dimulai pada malam Tahun Baru dengan makan malam bersama. Dengan malam tahun baru, Anda harus lakukan hal berikut:

• Bersihkan seluruh rumah untuk menyingkirkan semua hal   yang berhubungan dengan tahun yang akan berlalu.
• Singkirkan semua sapu dan kuas.
• Bayar semua hutang Anda.
• percekcokan/masalah segera Selesaikan dengan anggota keluarga, teman,   tetangga dan rekan bisnis.
• Beli barang sebagai berikut:
- Amplop uang merah
- Jeruk
- Baki permen melingkar
- Bunga (khususnya bunga persik, bunga persik, teratai air)
- Satu set pakaian baru dan sepatu untuk anak-anak, sebaiknya sesuatu yang merah atau oranye.

• Dapatkan bersama-sama dengan anggota keluarga dekat (tidak termasuk anak-anak perempuan menikah dan keluarga mereka) untuk makan malam bersama.
• Bayar terhadap leluhur dan dewa-dewa rumah tangga. Mengakui keberadaan nenek moyang karena mereka bertanggung jawab atas nasib generasi mendatang.
• Buka setiap pintu dan jendela di rumah Anda pada tengah malam untuk melepaskan tahun yang lama.


PADA HARI IMLEK

• Hiasi rumah Anda dengan simbol nasib baik. Berikut adalah beberapa saran:
- Warna: merah Bright (kebahagiaan); emas / orange (kekayaan & kebahagiaan).- Buah: Jeruk dan jeruk (kesehatan yang baik & umur panjang); tangerin dengan daun utuh (hubungan jangka panjang, berbuah dan berkembang biak seperti dalam memiliki anak-anak); persimmons (kebahagiaan dan kekayaan).
- Edaran permen baki (permen untuk manis dan melingkar untuk kebersamaan).
- Bunga: Jika mekar bunga pada Hari Tahun Baru, ini akan menjadi tahun yang makmur.
- Spanduk Merah atau kuplet dengan keinginan Tahun Baru dan simbol nasib baik dalam bentuk emas.

• Berikut adalah beberapa saran untuk makanan:
 - "Jai" kombinasi dari makanan yang merupakan nasib baik. Jai terdiri dari kacang ginkgo, lumut hitam, kering dadih buncis, rebung, bihun dan daun bawang.
- Ikan dan ayam mewakili kemakmuran. Selalu menyajikan ikan dan ayam secara keseluruhan. Jangan potong-potong. Kepala, ekor dan kaki (untuk ayam) harus ditunjukkan untuk melambangkan kelengkapan.
- Mie mewakili umur panjang. Sekali lagi, mereka tidak harus dipotong.
- Desserts termasuk jeruk dan kue, Tahun Baru Cina (ni gao) dan kue makmur (mereka terlihat seperti nugget emas).


LAKUKAN & JANGAN di HARI IMLEK

- Menyapa orang lain dengan "Gong Xi Fat Choy" yang berarti "Semoga mendapatkan Kemakmuran dan Kekayaan".
- Kenakan pakaian merek baru,disarankan warna merah. Anak-anak harus memakai pakaian baru dan sepatu baru.
- Jangan mencuci rambut Anda.
- Jangan menyapu lantai.
- Jangan menyapa orang yang sedang berduka.
- Jangan jatuhkan sumpit Anda.
- Jangan katakan 'empat' (homonim Cina untuk kematian) atau menyebutkan angka kematian 'shi'.
- Jangan meminjam atau meminjamkan uang.

Ketika Anda mempersiapkan liburan, pikirkan perubahan yang Anda ingin buat dalam hidup Anda.. mungkin menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga Anda, mengurangi hutang-hutang Anda atau mengejar impian baru. Gong Xi Fat Choy!
By Wenny Natalia 

1 komentar: