Selasa, 20 Agustus 2013

Tips Merawat Gigi Ber-Behel

Tips Merawat Gigi Ber-Behel



Behel atau juga dibilang brekets/Braces (sebetulnya brekets adalah nama karet yang menempel pada besi yang menempel pada gigi kita), adalah salah satu bentuk perawatan gigi, biasanya siapa saja yang merasa perlu merapikan giginya akan disarankan untuk perawatan menggunakan kawat gigi, dari yang lepasan atau cekat/permanen yang sering di sebut BEHEL.

Penggunaan awal behel

Kebanyakan orang bilang jika menggunakan behel cepat kurus, malas makan dan sering sariawan . Apakah benar ?

Sebenarnya penderitaan yang akan dirasakan amat sangat cuma 2 minggu pertama karena mulut gak terbiasa dengan benda asing di gigi kita, jadi bisa timbul sariawan. Tapi bisa disiasati dengan wax ortho (berupa lilin untuk menutupi bagian yang tajam) atau salep yang namanya Salcoceryl (dioleskan pada bagian sariawan atau luka yang diakibatkan gesekan besi pada ruang mulut kita).

Tapi yang perlu diingat, kalau lagi sariawan jangan banyak menggunakan Albothyl, karena obat tersebut akan membuat kulit mulut kita melepuh dan mematikan syaraf kecil kita.
Untuk masalah malas makan itu karena pada saat gigi ditarik pasti rasanya ngilu kalau gigit sesuatu, terutama di awal-awal kontrol. 

Supaya Behel kita awet hindari makanan yang keras-keras seperti kacang ,wortel mentah. Kalau makan juga sebaiknya dipotong terlebih dahulu, jangan memotongnya pakai gigi kita karena behel kita bisa lepas sebelum waktunya atau breketsnya copot.



Sikat Gigi Khusus & Pasta Gigi

Sikat gigi yang dipakai khusus untuk orthodontik, bentuknya kecil, bulu sikatnya halus, dan ada bagian bolong di tengahnya untuk space Behelnya. Sebetulnya kalau dipaksain bisa saja pakai sikat gigi biasa, tapi kebanyakan sikat gigi biasa sikatnya kasar dan gak cocok buat tekstureBehel kita.
Selain itu ada sikat tambahan untuk sela-sela gigi, bentuknya seperti sikat pembersih botol cuma ukurannya lebih kecil. Sikat ini juga tidak kalah penting, karena orang yang pakai behel biasanya terbentuknya karang gigi menjadi lebih cepat. 



Disarankan juga pakai dental floss jika perlu.

Untuk pasta gigi yang dipakai sebaiknya yang mengandung Baking Soda dan Perlindungan ekstra terhadap gigi berlubang .



Lama Perawatan dengan Behel

Lama perawatan tergantung ringan atau berat kasus, bisa sekitar 1 hingga 2 tahun. Dengan catatan pasien rajin melakukan kunjungan 3 minggu - 4 minggu sekali. Biasanya saat perawatan, akan dicabut 2 hingga 4 gigi, karena dibutuhkan ruangan untuk menggerakkan gigi.

Sebaiknya untuk perawatan behel lakukan dengan ahlinya, yaitu dokter gigi spesialis ortodontik. Sebenarnya dokter umum pun bisa akan tetapi perawatannya mungkin akan lebih lama apalagi untuk kasus berat.



By : Cindy Angelina


1 komentar: