Selasa, 22 Juli 2014

Burung-Burung Yang tak ingin Berkicau (Merubah Puisi menjadi sebuah cerita)

Burung-Burung Enggan Bernyanyi Lagi 
karya : Mh. Surya Permana 

Bising gergaji mengoyak sepi di hutan
Pohon-pohon tumbang 
Mobil-mobil besar menggendongnya
tergesa-gesa ke kota
Gunung dan lembah luka parah
Kulitnya terkelupas
Erang sakitnya merambah kemana-mana 


Burung-burung kehilangan dahan dan ranting
Enggan bernyanyi lagi 
Bila pun ada tegur sapa diantara mereka
Tentulah pertanyaan yang menyesakkan 
kemana kita harus menggungsi?
Pohon-pohon perdu dan melata itu
Bukanlah tempat tinggal yang ideal
kita perlu gunung yang teduh 
lembah yang indah
Bukan yang luka parah begini 



------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebenarnya ini sih tugas sekolah untuk menjadikan Puisi ini menjadi sebuah cerita/ essay. Karan uda lama ga tulis di Blog, yaudah ini ak masukin aja. harap maklum ya belakangan ini sibuk banget :). Kalau ada salah maklum masih proses belajar (: 

Burung-Burung Tak ingin Berkicau Lagi

Disuatu hutan yang awalnya tenang,asri, banyak pepohonan dan banyak kicauan burung yang begitu merdu namun semuanya berubag ketika orang-orang yang tak bertanggung jawab datang dan membawa gergaji dan memotong habis semua pohon yang ada disana. dan segera mungkin mereka membawa kayu-kayu itu ke kota untuk diperjual belikan, untuk dijadikan bahan bangunan dikota.

Gunung-gunung dan lembah yang sebelumnya dipenuhi berbagai tanaman sekarang menjadi gersang dan gundul sehingga mengakibatkan bencana alam yang merugikan segala pihak termasuk manusia. 
Burung-Burung kehilangan mereka karena semua pohon dan ranting telah ditebang dan tiada tempat untuk mereka membangun sangkar mereka.  mereka pasti akan sulit mencari tempat tinggal dengan keaadan hutan yang seperti itu, 

Tempat tinggal yang mereka butuhkan adalah tempat tinggal yang asri,banyak ditanami pohon-pohon besar dan angin yang terasa sejuk. 
Bukan hanya burung melainkan kita semua menginginkan tempat tinggal yang banyak ditanami tanaman yang rimbun dan kota yang asri tidak dipenuhi dengan bangunan-bangunan tinggi



Stevani~ 

3 komentar: